Teh Disajikan Sebagai Masakan daripada Minuman

Teh_oolong_Original_Hijau
peta_teh

Lahan teh di Indonesia

Perjalan Teh ke Indonesia

Teh sudah dikenal oleh hampir seluruh masyarkat Indonesia, karena teh sudah hadir di tanah air hampir selama 20 dasawarsa. Awalnya dibawa oleh pelaut Belanda dari daratan Cina, menyebrangi samudra Hindia. Teh meski tampak sederhana ternyata memiliki peran penting. Faktanya sejak Indonesia merdeka teh menjadi salah satupenyumbang devisa untuk Indonesia.

Sejarah Teh
Pertama kali, teh dipercaya ditemukan di Cina atau daerah Assam, India Utara. kisah mengenai penemuan teh untuk pertama kalinya tak lebih seperti sebuah cerita rakyat yang berkembang di Cina. Diawali pada tahun 2700 sebelum Masehi, Shennung-seorang kaisar yang juga dipercaya sebagai bapak obatan obatan tradisional Cina. Beliau yang tengah mencari tanaman obat-obatan seperti biasa, sesaat beliau berhenti dibawah sebatang pohon untuk memasak air dan kemudian jatuh sehelai daun dan ia membiarkannya dan setelah air dimasak matang ia meminumnya.seketika ia merasakan letihnya hilang, hal ini membuat sang kaisar penasaran. Hingga sekarang, kita mengenal daun itu adalah daun teh yang berasal dari pohon teh.

Teh Disajikan Sebagai Masakan

lei_cha_(sup_teh)

Berdasarkan catatan kuno yang ditemukan di Cina, teh juga dikonsumsi sebagai masakan daripada minuman. Menurut dokumen yang ditulis abad ketiga, teh itu disajikan dalam bentuk sup dengan tambahan irisan daun bawang, jahe, dan rempah lainnya. Lei Cha adalah  makanan teh khas suku Hakka di Cina.  Makanan ini berupa  sup yang terdiri dari teh yang ditumbuk dengan rempah, kemudian disajikan dengan nasi dan tumis sayuran. Hingga saat ini makanan ini masih bisa dijumpai khusunya di beberapa daerah penghasil teh seperti di Hangzhou.

 

1 Comment

  1. Pingback: Teh oolong original untuk kesehatan | PT SAMINDO LESTARI