Tanaman Teh

Dau_Teh_Camelia_Sinensis

Tanaman teh merupakan tanaman yang hampir sama dengan kebanyakan tanaman lainnya. Dimana dibutuhkan sebuah tempat tertentu atau kondisi tertentu agar tanaman teh dapat tumbuh dengan baik. Tidak semua daerah di Indonesia dapat dijadikan daerah untuk bercocok tanam tanaman teh. Daerah yang baik agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat lebih, yaitu daerah disekitar pegunungan atau dataran tinggi.

Salah satu daerah memiliki kriteria yang cocok untuk tanaman teh yaitu di pegunungan Kepahiang, Bengkulu, karena daerah ini memiliki kriteria yang cocok untuk tanaman teh. Untuk tanaman teh sendiri suhu berkisar antara 20-30 derjat celcius, dengan curah hujan sekitar 2.500-3.000 milimeter, dan dengan keasaman tanah (pH 4,5-5,5). Curah hujan yang seragam dalam setahun akan menghasilkan pertumbuhan tanaman teh yang lebih baik bila dibanding dengan hujan musiman.

Pelayuan_Teh_oolong

Selain faktor diatas, faktor lainnya yang tak kalah penting adalah kebutuhan nutrisi tanaman. Nutrisi primer yang dibutuhkan tanaman teh ini adalah Nitrogen (N), Kalium (K), dan fosfor (P). Ketiga kebutuhan itu biasanya dipenuhi dengan pemberian pupuk NPK. Berikut nutrisi sekunder yang dibutuhkan tanaman teh kalsium (Ca), Magensium (Mg), dan Sulfur (S). Nutrisi sekunder ini dibutuhkan lebih sedikit dibanding nutrisi primer.

BACA JUGA : Sejarah Teh Oolong

Didaerah Pegunungan Kepahiang, Bengkulu sendiri sudah menjadi salah satu daerah penghasil teh di Sumatera. Karena daerahnya yang cocok dan sesuai untuk tanaman teh. Sudah lebih dari 30 tahun daerah ini menjadi salah satu daerah penghasil teh oolong di Indonesia. Teh oolong yang dihasilkan merupakan teh oolong original Taiwan quality dengan kualitas tinggi yang lebih bagus. Teh oolong original sendiri sudah export ke mancanegara. Untuk daerah Indonesia sendiri didistribusikan oleh PT Samindo Lestari.