Khasiat Teh Terhadap Tulang

manfaat_teh_oolong_original_Taiwan_quality

Minuman yang satu ini memang sudah dikenal hampir tiap orang namun tidak banyak yang begitu mengenal khasiat serta manfaat teh untuk tubuh, dan kali ini akan dibahas khasiat atau manfaat teh terhadap tulang.

Teh dapat dijadikan salah satu pilihan sebagai minuman kesehatan yang baik dikonsumsi setiap hari, asalkan tidak berlebihan, mengapa demikian ?. Dikarenakan senyawa atau kandungan yang terdapat dalam teh dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Seperti Antioksidan, Polifenol yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, dan senyawa lainnya.

Dijelaskan dari situs CheatSeat.com yang merupakan situs yang memposting artikel healthy, entertaiment, dan lain-lainnya. Bahwa sebuah studi yang diterbitkan di Nutrion Research mencatat  mengkonsumsi teh hijau dapat membantu mencegah kehilangan tulang yang berhubungan dengan usia lanjut. Penelitian ini juga menunjukan minum teh dapat menigkatkan kepadatan mineral tulang dan mendukung proses pembentuk tulang, yang mengurangi resiko patah tulang disebut osteoblastik.

Kandungan dalam teh yang dapat menjaga kesehatan tulang yaitu Polifenol dan tidak itu saja senyawa aktif lainya juga berperan dalam hal ini seperti flavanoid. Kandungan ini umumnya terdapat pada tiap jenis teh seperti teh hijau, teh hitam, serta teh oolong, namun lebih banyak terdapat  pada teh hijau karena proses produksi yang berbeda.

Dilaporkan oleh Medical News sebuah studi telah menemukan bahwa flavanols dalam teh hijau punya efek positif terhadap remodelling tulang, sebuah proses yang mempertahankan kepadatan tulang, memperlambat kehilangan tulang, mempertahankan masa tulang normal.

Oleh sebab itu orang-orang yang sering mengkonsumsi minuman teh diyakini memiliki kepadatan tulang yang baik dibanding orang yang tidak mengkonsumsi teh sama sekali. Survey yang dilakukan oleh Flinders Unversity, South Australia menerangkan bahwa meminum teh hijau tiga gelas sehari dapat memperkecil resiko patah tulang hingga 30%, dibandingkan orang yang jarang atau bahkan yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

Hal ini tentu akan memberikan dampak postif pada tubuh kita sehingga dapat terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Manfaat_teh_Untuk_osteoporosis

Sebuah penelitian terbaru juga menyarankan bahwa BMD secara positif terkait konsumsi teh. Bone Mineral Density dikenal BMD merupakan tes kepadatan mineral yang terkandung dalam tulang. Dengan mengkonsumsi teh dapat mengoptimalkan kesehatan tulang. Kompenen bioaktif dalam teh dapat bermanfaat menjaga kesehatan tulang dalam hal menjaga BMD dan mengurangi resiko patah tulang.

BACA JUGA : Teh Oolong Turunkan Obesitas


Waah dapat kita lihat ternyata teh memilliki dampak positif bagi kesehatan tulang, tentu hal ini diharapkan setiap orang, yang akan merasakan perlunya menjaga kesehatan tulang ialah saat sudah memasuki usia lanjut nanti.

Tentunya sebelum itu mari kita biasakan konsumsi teh setiap harinya hendaknya tiga gelas perhari, ditemani orang-orang terdekat tentu hal ini lebih berdampak postif, dianjurkan tanpa pemanis buatan agar  kesehatan lebih terjaga. Hidup sehat itu mudah bukan, asalkan selalu berpikir positif.

2 Comments

  1. Pingback: Khasiat Teh Oolong Untuk Pencernaan | PT SAMINDO LESTARI

  2. Pingback: Inilah Proses Setelah Daun Teh Dipanen | PT SAMINDO LESTARI