Apa Itu Matcha ?

matcha 43

Apa itu matcha banyak orang yang masih belum mengetahui istilah yang satu ini, baiklah sekarang mari kita cari tahu. Dalam sebuah buku karangan FG Winarno dan Lissa Kristiono dengan judul “Green Tea & White Tea” tahun 2016 , matcha adalah teh tradisional yang biasanya digunkan pada acara ritual minum teh di Jepang yang sisebut chanyou. Teh matcha merupakan jenis teh dari daun Camelia Sinensis, yang tanamannya sengaja ditumbuhkan secara shade grown. Tanaman teh terlindung dari paparan sinar matahari langsung selama 10-12 hari sebelum panen. Hal ini akan menyebabkan kandungan kadar klorofil dan asam amino L-thianine jadi lebih tinggi.

Hal ini menyebabkan hasil olahan teh menjadi lebih hijau yang khas. Setelah dipanen, daun teh yang akan dibuat menjadi teh matcha harus melalui beberapa tahap diantaranya pengukusan, pengeringan, dan penggilingan menjadi bubuk yang sangat halus dan berwana sangat hijau. Setelah beberapa tahap  ini teh matcha baru bisa dikonsumsi layaknya teh biasa tapi dengan ciri khas serta aroma yang berbeda tentunya.

Mantcha

Seperti dikutip dari buku Food Review (vol. X, No 8, Agustus, 2015) karya Immaculata Marcella, Matcha memilliki cita rasa yang sangat unik dan secara jelas sangat berbeda dengan rasa dari teh hijau pada umumnya. Dapat dideskripsikan rasanya mirip dengan rumput laut yang populer di Jepang sebagai nori, rasa gurih. Rasa gurihnya itu disebabkan kandungan asam amino L-theanine. 

Hal yang menarik lagi dari teh ini yaitu kandungan gizi yang banyak dikatakan superior ketimbang produk teh lainnya, khususnya dalam hal antioksidan, protein, dan vitamin, serta kadar klorofilnya.

Kandungan matcha khususnya kekuatan antioksidannya, dari hasil uji dengan metode Oxygen Radical; Absorbant Capacity (ORAC) oleh Tufy University,USA, ternyata kandungan antioksidannya sangat tinggi sekitar 1.3000 per gram.