Bagaimana khasiat teh oolong cegah kanker ?

Teh_oolong_cegah kanker

Memang banyak artikel yang kita temui mengenai manfaat atau khasiat teh oolong yang mampu mencegah kanker yang disebabkan radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh oolong mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Tapi tidak jarang yang tidak mengetahui apa itu radikal bebas serta bagaimana peran antioksidan dalam teh oolong sehingga mampu mencegah penyakit kronis ini, untuk lebih jelasnya bagaiman khasiat teh oolong dapat cegah kanker ?, ikuti tulisan berikut ini.

Kanker merupakan penyakit kronis yang dibutuhkan waktu bertahun-tahun atau dalam jangka panjang untuk pengobatanya dan harus dilakukan secara rutin. Agar dapat terhindar dari penyakit kronis yang mematikan ini, hendaknya kita mengenal penyebab penyakit kanker. Kanker memiliki banyak macam, kanker serviks, kanker Rahim,  kanker paru-paru, dan masih banyak lagi. Demikian dengan jenisnya penyakit ini juga disebabkan banyak faktor salah satunya yaitu radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan pasangan elektron bebasnya, karena molekul yang terpecah atau kehilangan elektron pasangannya, sehingga menjadi elektron yang tak berpasangan dan menjadi radikal bebas. Dimana molekul ini menjadi tidak stabil hingga mudah bereaksi dengan molekul lain. Radikal bebas dihasilkan dari faktor internal karena hasil metabolisme dalam tubuh dan faktor eksternalnya seperti asap rokok, sinar ultraviolet, zat dalam makanan, serta polusi udara.

Dari sini kita dapat melihat bagaimana radikal bebas yang terdapat dalam tubuh disebabkan faktor diatas sehingga radikal bebas akan menyebabkan banyak penyakit salah satunya kanker.

Tubuh kita memang mampu melawan radikal bebas namun jika sudah dalam jumlah yang tidak sedikit hal ini akan sulit dilakukan. Tubuh perlu antioksidan yang dapat membantu kerja tubuh dalam menangkal radikal bebas ini. Salah satu sumber antioksidan yang cukup besar terdapat pada teh oolong.

Antioksidan ialah molekul yang mampu memperlambat atau mencegah oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Sel  yang rusak mengundang berbagai macam penyakit diantaranya kanker serta jantung koroner.

all produk teh oolong with logo

Seperti diketahui kanker penyakit kronis yang sukar disembuhkan, tidak jarang pengidap kanker berujung dengan akhir yang tidak menyenangkan. Tentu sangat penting kita melakukan upaya agar penyakit mematikan ini dapat terhindari. Salah satu alternatif lain yaitu dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang baik bagi tubuh, diantaramya mengkonsumsi teh oolong yang memberikan khasiat baik bagi tubuh sebagai sumber antioksidan.

BACA JUGA : TEH OOLONG LULUS UJI LABORATORIUM SUCOFINDO

Dengan begini khasiat teh oolong menjadi lebih terasa jika dikonsumsi secara rutin dan teratur tentunya diharapkan tanpa pemanis buatan seperti gula, cream, maupun pemanis lainnya.

Menjaga pola hidup sehat menjadi pilihan terbaik agar tehindar dari berbagai penyakit, hal ini yang tentunya tidak mudah dilakukan jika tanpa diiringi niat.

1 Comment

  1. Pingback: Manfaat Kulit Lemon dalam Teh oolong | PT SAMINDO LESTARI