Profesi Penting Dalam Industri Teh

tea_tester_teh oolong

Tea Testing

Dalam industri teh terdapat profesi-profesi yang penting agar teh yang dihasilkan berkualitas bagus dengan cita rasa dan aroma yang khas. Profesi ini dinamakan tea tester ialah orang yang bertugas mencicipi teh sebelum teh dikemas dan dipasarkan. Seorang tea tester, juga harus menguasai teknik-teknik pembuatan teh serta mengetahui jenis-jenis teh yang ada.

Tea testing adalah proses dimana seorang tea tester profesional, terlatih atau bersertifikat, menentukan mutu dari suatu jenis teh tertentu. Rasa dan cita rasa suatu jenis teh dapat bervariasi tergantung pada kondisi daun teh saat dipanen, musim teh saat dipanenm topografi dari kawasn dimana teh tumbuh, proses manufakturnya dan perbedaan clone atau varietas tanaman dari Camelia Sinensis. 

profesi tea tester

Seorang Tea Tester Sedang Melakukan Tester Pada Varian Teh Oolong

Perbedaan antar jenis dapat dideteksi atau dirasakan secara detail oleh seorang tea taster terlatih yang diperlukan untuk memastikan mutu teh sebelum diapsarkan atau mengalami proses blending. 

Untuk mendapatkan mutu serta kualitas teh yang tinggi PT Trisula Ulung Megasurya selaku perusahaan manufaktur teh telah menggunakan tes  tester yang berpengelaman puluhan tahun, yang didatangkan dari China dan Taiwan. Dalam tea tasting juga terdapat berbagai macam teknik dalam pembahasan selanjutnya akan kita bahas teknik tersebut.