Teknik Metode Standar Tea Testing

Teknik tea tester teh varian teh oolong

Teknik Tea Tasting

Pada postingan sebelumnya tentang tea testing yang belum baca klik disini, untuk news kali ini akan dibahas tea testing lebih lanjut mengenai teknik-teknik dalam tea testing. Bagi penikmat teh nusantara hal ini patut diketahui jangan mengaku seorang pecinta teh jika belum mengetahui teknik-teknik dalam tea tasting.

Metode Standar

Standar metode yang resmi dan dianggap legal terkait tea testing adalah yang memenuhi standar ISO 3103. Standar in ditentukan untuk seduhan teh sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang pas dna bermanfaat bagi komposisi sensory yang terdapat di antara sampel sampel  yang harus diuji. Dianjurkan agar menggunakan air yang mendidih sesuai standar dengan waktu penyeduhan enam menit, kecuali untuk green tea hanya menggunakan waktu tiga menit dan air 90o C.

tea tester teh oolongNamun pada kenyataanya, standar metode tea tasting lebih sering berdasarkan saran dari produsen. seorang tea tester biasaanya menggunakan sendok besar dan menyerap teh yang akaan ia nilai kedalma mulutnya untuk memastikan kedua unsur, yaiut cairan/seuduhan teh dan oksigen dalam jumlah yang cukup mengalir melaluo dna melewati ujung-ujung kuncup pengecap yang terdapat pada permukaan lidah dan dinding mulut demi memperoleh profil rasa dan cita rasa yang merata. Seduhan dalam mulutnya kemudian dikeluarkan/dimuntahkan kedalam spitoo/cawan, sebelum melanjutkan tasting terhadap sampel teh berikutnya.

Setelah itu, karakteristik dari sampel teh, seperti warna, ukuraran, dan bentuk daun teh diberi peringkat/grade dan di-rangking dengan menggunakna bahasa spesifik yang telah lama diciptakan oleh industri teh untuk menyatakan mutu secara keseluruhan.

Secara umum, sekali mutu sebuah sampel teh sudah dicicipi, setiap perusahaan/industri akan menyimpulkan suatu nilai/harga pada teh tersebut berdasarkan pergerakan tren pasar, ketersediaan dan permintaan. Penentuan mutu dan kualitas produk teh ditentukan oleh para ahli pencicip teh/tea tester.