Penelitian Membuktikan Kandungan Teh hijau Melawan Kanker Prostat

Teh oolong hijau

Untuk postingan kali ini akan diterangkan hasil sebuah penelitian tentang kandungan dalam teh hijau/green tea tentang kandungan dalam teh hijau yang mampu melawan kanker prostat. Kanker prostat merupakan kanker tertinggi kedua yang menyerang manusia, dalam hal ini pria. kanker ini juga merupakan salah satu jenis kanker yang didiagnosis sebanyak 220.000 pasien diseluruh dunia hanya dalam tahun 2015 saja.

Penelitian terhadap kanker telah difokuskan terhadap peluang pengobtan dengan menggunakan bahan-bahan dari botani. Pusat penelitian kanker Moffit telah melakukan penelitian secara acak demi menemukan kehebatan ketekin green tea dalam menghambat perkembangan kenker prostat pada manusia pria dengan premalignant lesion. 

Sebagian telah memeriksa pasien yang telah diagnosis sebagai penderita premalignant prostate cancer lesions, terutama pada status high grade intraepithelial neoplasma ( HIGPIN ), dan penderita atypical small acinar proliferation ( ASAP ). Kanker_prostat_dapat_dilawan_dengan_tehhijau

Kelompok pasien tersebut secara acak dipilih dan dibagi menjadi dua kelompok dan diamati secara terus-menurus selama satu tahun penuh. Pasien yang termasuk dalam kelompok 48 pria pertama mengkonsumsi pil-pil placebo dua kali sehari, sementara kolompok 49 pria lainnya meminum 200 mg kapsul green tea yang disebut polyphenon E dua kali sehari. Pada akhir tahun masa penelitian, didapatkan kenyataan bahwa perkembangan kanker secara siginifikan terhambat atau tertahan dalam kelompok yang diberi pil Polyphenon E. 

Laju perkembangan sel kanker pada pria-pria yang diagnosis memiliki penyakit HGPIN (pada awal penelitian) termyata lebih rendah dari ASAP bila mereka mengkonsumsi kapsul green tea. Kandungan katekin dalam green tea, terutama EGCg, berkhasiat menurunkan kadar antigen prostate (PSA) yang telah lama dikenal sebagai indikator adanya kanker dalam tubuh pria. Dilaporkan juga tidak adanya efek samping bagi mereka yang mengkonsumsi 200 mg kapsul green tea.

BACA JUGA: Manfaat teh oolong