Mengenal Teh Pu-erh Serta Manfaatnya

fakta menarik teh pu-erh

Selain memilliki beragam tipe dan jenis, teh pun memiliki variasi yang beragam juga, berikut ulasan mengenai salah satu variasi teh yang sangat dikenal oleh kalangan penikmat teh.

Teh Pu-Erh : Teh pu-erh merupakan salah satu teh kualitas premium, rasa serta kualitas teh ini ditentukan oleh lama teh tersebut pasca di fermentasi.

Karena berbeda dengan teh lainnya meski sama-sama dibuat dari daun teh hijau, jenis teh ini mengalami penyimpanan setelah fermentasi, dan biasanya semakin lama teh ini di simpan dalam kelembapan tinggi, juga akan menentukan rasa.

Aroma serta kulitas tersebut, dan biasanya semakin lama semakin enak, namun terkadang jika penyimapan kurang baik dapat berbau apek biasanya karena kelembapan yang tidak diperhatikan. Variasi teh jenis ini awalnya dikembangkan di Yunan, China.

Untuk masa penyimpanan sendiri teh pu-erh disimpan dalam jangka 30 – 50 tahun namun biasanya semakin lama disimpan semakin bagus aroma dan rasanya. Namun belum ada kesepakatan para ahli berapa lamanya minimal penyimpan teh pu-erh untuk menghasilkan rasa yang optimal.

Teh ini juga sering dijadikan obat oleh warga setempat, yaitu dapat menigkatkan kewaspadaan. Untuk saat ini teh pu-erh yang benar-benar asli sulit ditemukan terkadang orang menjual teh pu-erh yang tidak asli karena tidak menaglami penyimpanan pasca fermentasi.

Ditambah lagi harga yang mahal hanya orang yang penikmat teh yang biasanya mampu membeli teh pu-erh ini. Dan produksinya pun tidak dalam jumlah yang banyak.

fakta teh pu-erh

Untuk segi kesehatan teh pu-erh tentu memiliki manfaat selain menigkatkan kewaspadaan jadi lebih tajam, juga mampu menurunkan kolestrol.

Namun juga perlu diketahui jika mengkonsumsi teh pu-erh dalam jumlah tidak wajar dapat menyebabkan efek samping diantaranya sakit kepala, mulas, pusing, telinga berdenging serta terkadang dapat meyebabkan muntah, diare juga sulit tidur.

Hal ini disebabkan kandungan kafein yang cukup tinggi dalam teh pu-erh meski tidak sebanyak kafein dalam kopi.

Juga perlu diperhatikan ibu menyusui atau wanita hamil agar menghindari mengkonsumsi teh ini secara berlebihan, dan dianjurkan untuk tidak mengkomsumsinya.

Baca Juga : Mengenal Teh Pu-erh

Baca Juga : Mengenal manfaat teh oolong