Pembibitan Tanaman Teh di Perkebunan Teh

pembibitan teh, stek batang Trisula ulung megasurya

Tanaman teh salah satu tanaman yang hasil olahannya dapat dijadikan industri skala besar dan multi nasional, khususnya di Indonesia industri teh didukung dengan iklim, cuaca serta kontur tanah yang bagus untuk tanaman teh. Namun dalam kenyataan nya dengan potensi yang besar ini Indonesia masih belum bisa menjadi penghasil olahan teh yang terdepan di dunia, meski sudah memasuki salah satu penghasil teh terbesar di dunia namun ini bisa jadi lebih baik.

Untuk mewujudkan itu banyak hal yang hendak dibenahi salah satunya kurang nya informasi tentang pembibitan tanaman teh. Pembibitan teh dapat dilakukan dengan dua cara yaitu

  1. Pembibitan biji teh
  2. Pembibitan teh secara stek

Berikut ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai pembibitan teh secara stek karna cara ini yang biasa dilakukan oleh perusahaan penghasil teh. Cara ini dipilih karena cara pertama berlangsung cukup lama serta biji yang dihasilkan menjadi tidak sama dengan induknya karena adanya proses persilangan.

Pembibitan teh, cocok tanam teh

Baik, untuk pembibitan teh secara stek sudah tentunya menghasilkan bibit yang sama dengan induknya, karena stek batang merupakan teori dimana bibit berasal dari batang induknya yang dipotong bagian tertentu dan kemudian dipindahkan ketempat terntentu dan melalui berbagai proses sebelum dapat ditaman. Proses pemiliharaan pembibitan stek bibit teh ini sangat menentukan kualitas tanaman teh yang dihasilkan. Sehingga proses ini dari awal pemindahan hingga siap tanam dilakukan para pekerja yang berpengelaman.

Metode ini yang saat ini juga diterapkan di perkebunan PT Trisula Ulung Megasurya. Untuk bibit asal yang berasal dari negri China dan Taiwan yang dikenal sebagai asal mula teh dikembangkan serta hingga sekarang menjadi penghasil teh tebersar didunia. Hingga sekarang proses stek yang dilakukan sudah melewati masa tujuh turunan namun tidak mengurangi kualitas teh yang sama dengan bibit teh dari awal.

Untuk tahapan proses pembibitan teh secara stek ini akan dibahas pada postingan selanjutnya, jangan lupa share ya!!!

Baca juga : Tahapan Pembibitan Teh dengan stek

1 Comment

  1. Pingback: Tahapan Pembibitan Teh Secara stek | PT SAMINDO LESTARI