Mengenal Teh Putih ( White Tea )

teh_putih_white _tea

White Tea atau Teh Putih dikenal senbagai salah satu varian teh yang sangat jarang diproses. Karna teh putih dipanen sebelum daun teh muda terbuka sepenuhnya atau saat tunas muda masih tertutup oleh bulu halus putih.

Tunas atau kuncup yang diambil dari pertumbuhan baru pada tanaman teh dipilih sendiri dan kemudian dikeringkan dengan cepat, agar daun tidak diizinkan mengoksidasi selama daun telah dipetik. Proses minimal dan oksidasi ini menghasilkan beberapa teh paling halus dan segar.

mengenal_white_tea

Ada banyak jenis teh putih yang sudah diproduksi secara komersial di berbagai negeri. Beberapa varietas teh putih atau white tea yang paling popular meliputi :

  1. Bai Hao Yin Zhen (Jarum Perak) : Jarum Perak yang berasal dari provinsi Fujian di Cina dan dibudidayakan dari varietas asli pabrik teh putih China. Teh ini terbuat dari teh kuncup besar dan penuh yang ditutupi rambut putih yang menjadikan teh warna perak yang alami.
  2. Bai Mudan (White Peony) : Varietas teh putih yang baru ini dibudidayakan di China dan negara-negara lain di seluruh dunia. Teh ini bisa dibudidayakan dari semak teh putih asli China atau dari varietas lain.
  3. Teh putih Darjeeling : Varietas ini tidak dibudidayakan dari varietas teh putih asli China, namun dari tanaman teh asli dari daerah Darjeeling di India. Metode pengolahannya mirip dengan teh putih Fujian, namun profit rasa cenderung jauh berbeda.

Baca Juga : Mengenal Teh Pu-erh