Pohon Teh Camellia Sinensis

teh_cammellia_sinensis

Dari ribuan jenis teh yang ada di dunia, semuanya berasal dari pohon teh dinamakan Cammellia Sinensis. Menurut istilah biologi, pohon teh berasal dari family Theaceae, genus Camellia. Asal tanaman teh terdapat di Cina, Tibet, dan India bagian utara. Secara varietas, ada dua jenis tanaman teh. Pertama, Camellia sinensis varian sinensis, yakni varietas berdaun kecil yang hidup di daerah pegunungan tinggi yang sejuk di Cina Tengah dan Jepang. Kedua adalah Camellia sinensis varian assamica, yakni varietas berdaun lebar yang tumbuh didaerah beriklim tropis dan lembab. sering ditemukan di Provinsi Szechuan dan Yunnan di Cina serta di India Timur Laut.

Varietas Camellia assamica juga paling umum ditanam di Indonesia. Namun ada pula perkebunan yang menanam varietas Camellia sinensis tetapi jumlahnya masih sangat terbatas. Agar dapat bertahan tumbuh di iklim tropis kebanyakan varietas ini telah disilang.

Bentuk daun Camellia sinensis berukuran kecil dengan banyak cabang sehingga menyerupai semak. Teh ini tumbuh 3-5 meter dan bisa hidup memproduksi daun teh hingga usia 100 tahun. Teh ini juga tahan terhadap suhu yang sangat dingin. dan berbeda dengan Camellia assamica lebih mirip pohon daripada semak teh dan daunnya lebih lebar dari varian sinensis. Cammelia assamica bahkan dapat tumbuh 13-18 meter. Dan daunnya lebih beraroma dan produksinya lebih sedikit.

Teh yang dihasilkan dari Camellia Sinensis memiliki aroma yang lebih harum, rasa yang lebih lembut dan tidak memberi rasa kental seperti teh yang dihasilkan dari varian assamica sehingga warna seduhannya lebih pekat dengan rasa yang kuat dan seduhan yang kental.