Jenis Teh Indonesia yang Mendunia

Siapa yang belum pernah meminum teh? Pasti semua orang indonesia sudah pernah meminum teh, maupun itu teh dalam bentuk botol an yang sudah di kemas dengan rapih atau pun teh yang masih berupa batang atau dauan. Dan siapa sangka menurut International Tea Committee pada tahun 2015 mencatat Indonesia memproduksi 129 ribu ton teh. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara penghasil teh terbesar ke-7 dunia.

Pusat perkebunan teh di Indonesia tersebar di Jawa dan Sumatra. Target pasarnya pun berbeda seperti pedagang lokal dan bahkan lebih dari sebagaian hasil produksi Indonesia sudah di ekspor ke luar negeri seperti Taiwan dan Rusia.

Dan ini beberapa teh asli Indonesia yang sudah mendunia yang kami kutip dari beberapa sumber :

  1. Teh Oolong

Teh Oolong mungkin tidak asing lagi di telinga kalian apalagi kalau kalian termasuk salah satu pecinta teh. Teh Oolong adalah teh jenis Camelia Sinensis merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

2. Teh Putih

White Tea atau Teh Putih dikenal sebagai salah satu varian teh yang sangat jarang di proses. Karna teh putih dipanen sebelum daun teh muda terbuka sepenuhnya atau saat tunas muda masih tertutup oleh bulu halus putih.

Tunas atau kuncup yang diambil dari pertumbuhan baru pada tanaman teh dipilih sendiri dan kemudian dikeringkan dengan cepat, agar daun teh diizinkan mengoksidasi selama daun telah dipetik. Proses minimal dan oksidasi ini menghasilkan beberapa teh paling halus dan segar.

3. Teh Melati

Teh melati adalah minuman teh yang diramu dengan bunga melati. Rasa teh melati khas yang dihasilkan ramuan ini adalah rasa manis lembut dan biasanya dianggap sebagai teh yang tidak keras dan lebih gampang untuk dinikmati.

4. Teh Hitam

Teh Hitam atau yang biasa disebut teh merah adalah teh dengan warna gelap kemerahan yang banyak sekali di produksi di Indonesia. Untuk menghasilkan teh hitam ini, daun teh dibiarkan menjadi kecoklatan melalui proses oksidasi yang akan menciptakan warna dan rasa yang khas.

5. Teh Kayu Aro

Siapa yang pernah mendengar teh kayu aro ini? Teh kayu aro ini merupakan salah satu teh hitam yang diproduksi di Perkebunan Kayu Aro, Jambi. Dahulu teh ini merupakan teh favorit bangsa Eropa. Penggemar teh ini salah satunya adalah Ratu Beatrix dari Belanda dan Ratu Elizabeth dari Inggris.

6. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang cukup populer dikonsumsi, terutama di negara-negara Asia seperti Jepang dan Indonesia sendiri.