Hama Pada Tanaman Teh

Hama pada tanaman teh sampai saat ini masih merupakan masalah karena menyebabkan kehilangan hasil yang tinggi dan berpengaruh terhadap pencapaikan sasaran produksi. Berikut ini beberapa jenis hama yang menyerang tanaman teh.

  1. Kepik penghisap daun teh (Helopeltis spp)

Kepik penghisap daun menyerang pucuk daun muda. Kepik ini menusuk dan menghisap daun teh sehingga menjadi bercak-bercak hitam. Dan serangan pada ranting menyebabkan kanker cabang

2. Ulat Penggulung Daun (Homona Coffearia)

Ulat penggulung daun membuat tempat berlindung pada daun teh. Caranya dengan menyambungkan dua atau lebih daun bersama-sama dengan benang sutra atau dengan menggulung satu daun lalu menyambungkan pinggirannya. Daun yang terserang tidak bisa dipetik sebagai hasil panen teh.

3. Ulat Jengkal (Hyposidra Talaca)

Ulat jengkal menyerang daun pupus dan daun pentil teh. Serangan berat menyebabkan daun berlobang dan pucuk tanaman gundul. Sehingga tinggal tulang daunnya saja. Ulat jengkal tersebut dapat makan berbagai macam tanamn lain selain teh. Beberapa jenis tanaman seperti pohon mangga, pohon jambu biji,  phon kina, pohon gambir . Jenis-jenis tanaman yang merupakan tanaman inang untuk ulat jengkal ini sebaiknya tidak ditanam dikebun teh, karena keberadaannya akan membantu hama ini berkembang biak.

4. Ulat Penggulung Pucuk (Cydia Leucostoma)

Ulat penggulung pucuk menyerang bgaian tanaman teh yang akan dipanen oleh petani, jadi hama ini memiliki potensi cukup besar untuk merugikan petani. Ulat tersebut menggulung daun pucuk dengan memakai benang-benang halus untuk mengikat daun pucuk sehingga tetap tergulung.

5. Ulat Api (Setora Nitens)

Ulat api badan berbulu dengan panjang sekitar 2.5cm. Ulat ini menyerang bagian daun yang muda dan tua. Serangan hama dapat menyerang sepanjang tahun dan terberat pada musim kemarau.

6. Tungau Kuning (Polyphagotarsonemus Latus)

Tunga kuning adalah tungau kecil sekali, dengan panjang badan yang biasanya 0.25mm. Tungan ini berkaki 8 dan  biasanya terlihat pada permukaan bawah dari pucuk muda dan juga tunas. Tungau ini muncul pada pucuk muda, khususnya pada pohon teh yang baru dipangkas.

7. Tungau Jingga (Brevipalpus Phoenicis)

Hama ini menyerang daun tua pada bagian bawah daun. Pada awal serangan terjadi bercak-bercah kecil pada pangkal daun dimana tungau ini membentuk koloni. Serangan selanjutnya tungau akan menyerang sampai ke ujung daun sehingga daun berwarna kemerahan dan mengering. Serangan hama ini dapat terjadi sepanjang tahun terutama musim kemarau.